04 October 2014

Memilih beralih profesi menjadi programer

Hidup itu pilihan, Terlalu sering saya mendengar kata ini. Memang benar hidup itu pilihan, tapi harus diingat kembali setiap pilihan pasti punya resiko. Ini adalah salah satu pilihan dalam hidup saya, beralih profesi dari "tukang Gambar" menadi seorang programer. Bukan tanpa alasan saya mengundurkan diri, dari seorang 'tukang gambar' untuk sablon pakaian. Tukang? Mungkin lebih pantas dipanggil kuli gambar. Bukan niat saya menghina atau merendahakan.

Bisnis yang sempat menjadikan saya bisa dibilang berjaya ini saya rasa sudah waktunya untuk beristirahat. Mengapa? Berikut alasannya, sekaligus alasan saya memilih menjadi seorang programer:

1. Sudah mulai tidak dihargai oleh klien lokal.

mungkin tidak semua klien seperti ini tapi sudah terlalu banyak dan terlalu sering saya mendapatkan klient seperti ini. Misalnya, Desain Gambar yang biasanya di bayar 20.000 rb rupiah kini hampir di lupakan. Desain seharga 20.000 rupiah bukankah sudah sangat murah, mereka biasa mendapatkan 4 sampai 6 opsi dari desain itu. mereka hanya perlu membayar 20.000 rupiah. Tapi apa? dengan alasan takut desainnya gak cocok dengan permintaan pasar, mereka tidak mau membayar desain yalng mereka dapatkan dimuka. mereka baru bayar bila desain memang cocok dengan permintaan. dasar klient pelit.

2. Hampir semua orang bisa gambar

Saya akui, menjadi desainer grafis memang sulit, tapi menjadi tukang gambar semua orang bisa. cukup menguasai sebagian tools dari software CorelDraw, Adobe Ilustrator atau photoshop saja anda sudah mampu menjadi seorang tukang gambar. saya sendiri belajar software-software tersebut otodidak. dan alhamdulillah, klo di itung-itung sudah banyak menghasilkan uang untuk keluargaku. tapi sisilainya orang lain pun dapat melakukan hal yang sama, sehingga hampir semua industri persablonan sudah memiliki tukang gambar sendiri, tidak perlu desain grafis, cukup tukang gambar (red: Ada gambar di internet, buat vektornya).

3. Semua beralih ke Online Media

Denga peraihan ini saya tertarik mempelajari dunia online, mulai dari membangun medianya sendiri hingga berdagang apa saja memanfaatkan media online ini.

Semoga ini merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam hidupku.

No comments: