06 February 2015

Perkembangan Web Desainkaosmurah.com

Berawal dari kebutuhan saya untuk rekap data setiap pekerjaan tim dan merekap data dari setiap pesanan desain yang masuk. Kebetulan sejak lahirnya Desainkaosmura 2009 lalu dalam dua tahun sudah berhasil memiliki 6 karyawan berserta saya sendiri. Semua pekerjaan desain saya berikan kepada tim. Dan mulai 2011 saya sendiri menyibukan diri untuk belajar hal baru. Yaitu Belajar pemrograman.

Diawali dengan belajar MS. Access. Saya berhasil menciptakan program Pertama saya untuk Desainkaosmurah.com (awalnya namanya Hans Creative Design)

Program desaikaosmurah.com Versi Access (2011)

Alhamdulillah program Pertama saya ini sangat membantu meski dalam satu tahun harus 4 kali recovery data karena maximal database access hanya 2 Gb. Saya bilang cukup membantu karena saya tetap dapat mengawasi pekerjaan tim sambil kuliah.

======================================

Sayannya Program Berbasis Access ini saya harus tinggalkan karena saya harus beralih ke system yang bisa saya akses dari mana saja. Kebetulan sejan awal 2012 saya sering sekali keluar kota. Sekedar cari pengalaman baru dan belajar ke tempat teman-teman yang memiliki hobi dan basik yang sama. Di tahun ini juga saya mulai mengenal Contest desain.

Berawal dari keinginan membuat database online dari Database Ms Access yang gw buat sebelumnya. Karena kendala dana dan fasilitas akhirnya temen gw nyarinin buat web online basic PHP.

Bermodal buku dari gramedia, gw coba-coba bikin web pertama untuk Desainkaosmurah.com.
ini tampang home pagenya.

Desainkaosmurah.com Versi 1

Untuk script yang gw pake termasuk masih berantakan. Ini framework pertama buatan gw lengkap dengan database sql didalamnya.

Sejak Pertama web ini di buat saya sudah langsung pakai, tapi masih di lokal server karena saya sendiri masih buta pengalaman dengan server dan hosting. Setelah jalan 6 bulan offline akhir 2012 saya beranikan diri untuk Go Online.

=======================================

Tampilan dn sistem di desainkaosmurah.com versi 1 hanya mampu bertahan online selama 3 bulan. Secara alur sistem versi 1 ini sebernaya sudah baik, tapi menu hanya untuk Internal tim saya saja. Oleh kerena itu saya putuskan untuk merombak ke versi lebih baik lagi. Target 3 bulan kedepan saya ubah untuk tampilan dan system agar lebih fungsional baik untuk internal tim dan external (pelanggan).

Akhirnya lahir desainkaosmurah.com versi 2 Saya selesai di awal 2013. dari sisi tampilan masih tidak banyak berubah.

Desainkaosmurah Versi 2

Keunggulan dari Desainkaosmurah.com versi II ini sudah mengcover segala pencatatan, termasuk, order, invoice, pengeluaran, hingga perhitungan laba rugi. Kurang lebih sudah hampir sesuai dengan versi Ms. Access yang dulu saya pernah buat.

Namun kedala dari security yang masih banyak celah. Meksipun demikian desainkaosmurah.com masih tetap beroperasi dan menggunakan sistem tersebut.

2013 semua berjalan seperti yang saya inginkan, semua pekerjaan saya serahkan ke tim, Saya sendiri belajar dan mencari pengalamn dari di bidang lain. 

==========================================

Hingga 2014 saya tergoda untuk mencoba untuk meninggalkan sepenuhnya Desainkaosmurah.com dan beralih menjadi pekerja kantoran. Semua urusan di sana saya serahkan ke tim dan saya niatkan bekerja untuk mencari pengalaman lebih banyak dan menciptakan aplikasi yang lebih besar.

Sayang usaha Desainkaosmurah.com yang saya bangun hanya berjalan 6 bulan setelah saya tinggal ngantor. Tim saya tidak cocok klo saya tinggal total sepertinya. Tim kami bubar. Meskipun Desainkaosmurah bubar Website tetap saya aktifkan dan order online (lewat website) masih terus berdatangan. Bedanya kali ini saya kerjakan sendiri atau saya lepar ke tim yang masih aktif ngedesain.

System Aplikasi Desainkaosmurah.com versi 2 bertahan cukup lama karena saya anggap cukup lengkap fiturnya. Hanya saja ada beberapa celah, dan itu bisa di akali. Saya awal 2015 saya sudah ada rencana untuk perubahan total Desainkaosmurah,com tapi saya tunda eksekusinya karena Sedang mengerjakan "Project Masa Depan" projek yang saya targetkan harus selesai setelah 2 tahun saya ngantor (2016). Ternyata 2 tahun ngantor tidak cukup untuk saya mengembangkan Satu aplikasi. Meskipun banyak waktu lunag di kantor.

Alhamdulillah awal 2016 aplikasi setengah jadi itu sudah bisa di jual dan di gunakan untuk 2 perusahan lain (selain tempat saya bekerja). 

Kembali ke desainkaosmurah.com. Awal 2017 Saya pun resign dari tempat kerja. Tepat 3 tahun saya disana. Keinginan kembali ke desain kaosmurah.com kembali lagi tentuknya dengan system yang lebih baik dan lebih lengkap. Pertengahan 2017 lalu desainkaosmurah.com saya rombak total dan saya aktifkan kembali dengan konsep baru.

Tepat 1 september 2017 awal saya memutuskan untuk kembali ke dunia freelance. Berbekal aplikasi yang saya sewakan tahunan dan bulan. 

Dan bismillah juga saya panjatkan untuk memulai ulang lagi Desainkaosmurah.com di awal 2018 dengan Konsep baru Marketplace Digital + Service Design + Produksi. Alhamdulillah untuk pembuatan vector dan produksi sudah mulai ada. Mungkin untuk Marketplace Digital memang kurang baik pasarnya di Indonesia dan Produk yang kami punya pun belum cukup banyak untuk menjangkau pasar luar negeri. Tapi saya yakin suatu saat Desainkaosmurah.com bisa sebesar dan sekuat MMarketplace digital seperti Evanto, Creative Market, dll.



Desainkaosmurah.com Versi III



Semua Skill Saya besar disini dan lahir disini semoga Desainkaosmurah.com bisa lebih baik dari sebelum-sebelumnya.


No comments: