26 October 2015

Mau perpanjang SIM di Layanan SIM Keliling? ini yang harus disiapkan

Bila SIM anda sudah hampir habis masa berlakunya, anda tentunya harus mulai menyiapkan waktu untuk memperpanjang SIM, apalagi bila anda adalah karyawan swasta yang waktu keluar kantor sangat terbatas. Tentunya perlu waktu benar-benar menghemat waktu untuk membuat SIM.


Untuk mengatasi keterbatasan waktu tersebut Pihak samsat POLRI telah mengadakan program Layanan perpanjangan SIM keliling. Yaitu dengan menyediakan di beberapa titik tertentu di kota-kota besar untuk menggapai warga yang membutuhkan layanan Perpanjangan SIM.


Meskipun Layanan ini Baik ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum anda mengunjungi Layanan SIM Keliling terdekat di daerah Anda. Tidak asyikan apabila anda harus kembali dari tempat layanan SIM keliling dengan tangan kosong. Kebetulan penulis baru saja memperpanjang SIM, oleh karena itu penulis berharap bdengan berbagi pengalaman ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Berikut yang erlu anda siapkan sebelum anda menuju Layanan SIM keliling:

  1. Pastikan anda benar-benar mengetahui lokasi tempat pelayanan SIM Keliling tersebut. Cara mengecek layanan SIM keliling dapat di lihat di http://www.simkeliling.info
  2. Untuk perpanjangan SIM sediakan foto copy KTP 2 lembar, karena bila foto copy di TKP harganya cukup mahal 5000/2lembar.
  3. Jangan lupa juga untuk membawa SIM lama dan KTP asli.
  4. Pelayanan yang dilayani hanya perpanjangan SIM A dan C bukan pembuatan SIM
  5. Bila SIM anda berasal dari luar daerah, anda harus memastikan pelayanan SIM keliling tersebut terkoneksi Internet, karena beberapa mobil pelayanan SIM keliling masih ada yang tidak terkoneksi internet. Bila tidak ada koneksi internet, anda membutuhkan surat mutasi SIM.
  6. Sediakan uang sejumlah Rp 130.000, Kalau bisa dilebihkan, karena nanti ada biaya laminating juga.
  7. Pakai baju terbaik dan cukur rambut dahulu, biar foto di SIM juga terlihat rapih.


Demikian info untuk perpanjang SIM berdasarkan pengalaman penulis, bila pembaca memliki pengalaman yang ingin di bagikan, silahkan tinggalkan komentar. Semoga pengalaman ini bermanfaat untuk kita.

No comments: