04 October 2012

Broadcast Message (BM) dan efek yang di hasilkan.

Hari ini seharian servis dari Blackberry terganggu. Ditandai dari Recent Update yang biasanya 1x24 menit selalu muncul pemberitahuan baru, kini satu jam berlalu gambarnya tetap begitu. Kemudian, pesan BBM yang tidak terkirim, dan berikutnya merupakan tanda paling meyakinkan saya, yaitu update status teman-teman di facebook yang mulai mengeluh bahwa layanan BBMnya tidak berfungsi.
Betapa hebatnya layanan BBM dari smartphone bermerk Blackberry ini. Hingga saat fitur layanan ini tidak dapat di gunakan semua orang merasa dirugikan, mengeluh di sosial media, bahkan ada yang berniat menginjak BB-nya. Oklah klo hal ini masih masuk di akal. So.... mungkin fitur BBM dari Blackberry merupakan sarana utama mereka untuk berkomunikasi, mencari nafkah, dll.
Saya benar-benar kagum dengan para pencetus layanan BBM ini. Mengapa? Karena efek yang dihasilkan oleh fitur ini bisa membuat akal manusia buntu (baca: bodoh).
Bila efek yang dihasilkan adalah pesan group atau privat message yang terkirim keorang tiba-tiba di broadcast kesemua kontak mungkin ini karena murni kesalahan sistem.
Tapi klo tiba-tiba yang di broadcast pesan seperti ini:
"PENGGUNA BBM вιaсĸвεггч® :
Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam BB Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena 'Blackberry 'adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak
Bukan broadcast sembarangan
Ini serius!! Bisa di cek"
Apakah pesan itu bisa di bilang kesalahan sistem?
Apakah sampai sekarang efek dari mem-broadcast atau tidak-membroadcast itu terjadi? Kalo saya termasuk ke golongan yang tidak membroadcast pesan ini dan tidak terjadi apa-apa dengan BBM dan kontak saya.
Itu yang saya takutkan. Ternyata Fitur BBM pada Blackberry dapat membuat otak buntu untuk berfikir. Sebanyak apapun kita broadcast pesan, tidak akan mempengaruhi sistem. Malah mungkin akan menambah penuh server disana.
Yang lebih aneh lagi, gak tau kenapa tiba2 setelah banyak masuk broadcast diatas. Masuk juga broadcast balasan yang copynya seperti ini:
"H̲̣̣̣̥м̣̣̥̇̊м̲̣̣̥М̣̣̥̇̊M̲̣̣̣̥м̣̣̣̥
Prasaan broadcash mengatasnamakan BB sdh sering abang terima, dan bisa dipastikan abang tidak pernah mengirim atau meneruskan, dan bisa dipastikan pula bahwa abang gak pernah kehilangan kontak.
Satu lagi kita stiap saat memenuhi kewajiban kita dengan membayar paketan BB kita, alangkah bodohnya operator kita kalau hanya gara2 tidak broadcash mereka menghilangkan pelanggannya dan parahnya lagi akan smakin menunjukkan kegoblokannya karna tekhnisi-tekhnisi mereka tidak dapat mengatasi masalah yang ada, kalau abang jadi pimpinannya maka mereka akan abang pecat semua.
Dan stelah abang beri sdikit penjelasan secara logika diatas anda masih tidak percaya dan kirim BC yang mengatasnamakan BB, sebaiknya ganti BB anda dengan NeXian saja.
Kembalikan broadcash ini kepada seluruh kontak anda ,,, ini dari abang, agar yang jadi korban tidak smakin banyak.
Ini Serius ,,,"
Seolah-olah merasa benar, Broadcast message ini dikirim kesemua kontak.
Klo sudah begini apa yang ada dipikiran anda sekarang?
Klo yang ada di benak saya sekarang adalah. Kedua broadcast ini punya tujuan yang sama. Tersebar luas, dikalangan masyarakat. Selama broadcast message ini tidak mengganggu bukanlah sebuah masalah. Akan tetapi berbeda bila broadcast ini tiba-tiba menyerang ke handphone pribadi kita, dari semua kontak dan dalam jumlah banyak. Yang terjadi, para pengguna BB menjadi kesal. Khususnya kesal dengan teman2 di kontaknya. Apalagi yang paling sering nyebarin BM.
Maka dari itulah, saya akui kehebatan fitur BBM yang bisa membuat akal manusia berhenti perfikir. Semoga kita bisa menyikapi broadcast message yang masuk dengan kearifan.


No comments: